Tips Mengatasi Insomnia Menurut Islam

Artikel, TIPS

Tips Mengatasi Insomnia Menurut Islam

mengatasi insomnia

Tidur merupakan salah satu kenikmatan yang Allah berikan. Manfaat dari tidur yakni memulihkan pikiran dan stamina agar keesokan harinya tubuh segar kembali untuk melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Bagi seorang muslim, tidur juga bermanfaat sebagai sarana pendukung kelancaran dalam beribadah. Tapi apa jadinya bila nikmat tidur berubah menjadi sesuatu yang menyulitkan? Bahkan membuat kita tertekan. Beberapa orang ada yang mengalami sulit tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia.

Seseorang yang terkena insomnia pastilah akan menurun daya tahan tubuhnya sehingga rentan terkena penyakit serta sulitnya berkonsentrasi. Hal ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari –hari bila terjadi dalam jangka panjang. Sebelum masuk ke tips mengatasi insomnia, ada baiknya kita kenali dulu penyebabnya. Insomnia dipengaruhi beberapa faktor, pertama faktor psikologis seperti khawatir, adanya tekanan, cemas, was-was (bisikan dari setan) dan lain sebagainya. Kedua, faktor organis (fisik) yaitu adanya masalah fungsi organ atau efek dari zat stimulant seperti nikotin yang terdapat pada tembakau serta kafein yang terkandung dalam kopi dan teh ataupun stimulant yang lainnya.

Rasulullah Saw. sudah mencontohkan adab tidur yang baik agar tidur lebih nyenyak, terhindar dari gangguan syetan maupun jin, dan hal yang membahayakan ketika tidur. Berikut Tips Mengatasi Insomnia Menurut Islam :

  1. Berwudhu sebelum tidur

Wudhu bertujuan untuk membersihkan diri dari hadats sebelum tidur. Dengan wudhu juga dapat merelaksasikan bagian otot yang kaku akibat beraktifitas seharian penuh. Sehingga hal ini dapat membantu proses tidur semakin nyenyak

  1. Mengibas-ngibas kasur dengan kain atau sapu lidi sebanyak 3 kali sambil mengucap “Bismillahiallahuakbar”.

Ketika kasur tidak ditiduri, selama itu pula banyak kotoran, debu dan kuman hinggap diatas permukaan kasur. Jika tidak dibersihkan dapat menimbulkan penyakit. Lalu seperti yang diketahui bahwa kita hidup bersama makhluk ciptaan Allah lain yang tak tampak seperti syetan dan jin. Maka ada baiknya sebelum tidur hendaknya membersihkan tempat tidur seperti yang Rasulullah Saw. amalakan.

  1. Tidur dengan posisi miring ke kanan

Posisi tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Posisi tidur ini lebih disarankan selain merupakan sunnah, posisi ini memberikan dampak positif bagi tubuh seperti meringankan kerja jantung, menyehatkan paru-paru, memberi waktu istirahat pada otak kiri dan masih banyak lagi manfaatnya.

  1. Mengamalkan dzikir dan doa menjelang tidur

Salah satu yang disunnahkan Rasulullah Saw. yang dibaca sebelum tidur yaitu berdzikir dan berdoa. Bacaan untuk mengatasi sulit tidur berikut ini disumberkan pada hadits-hadits yang shahih dari Rasulullah Saw.

Mengumpulkan dua telapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan: Qul Huwallahu Ahad (surat al-Ikhlas), Qul A’udzu bi Rabbil Falaq (surat al-Falaq) dan Qul A’udzu bi Rabbin Naas (surat an-Naas). Kemudian dengan dua telapak tangan mengusap tubuh yang dapat dijangkau dengannya. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan sebanyak 3x”. (HR Bukhari)

Dan dilanjutkan dengan membaca ayat kursi yang terdapat pada surat Al-Baqarah : 255

Baca juga : Hikmah Berqurban

  1. Memohon perlindungan kepada Allah Swt.

Bila dirasa tips-tips sebelumnya kurang membantu, usaha terkahir yang dapat kita lakukan sebagai hamba Allah adalah memohon serta berserah diri kepada-Nya. Serahkan segala masalah-masalah yang membebani diri hanya kepada Allah dan bermunajat lah untuk meminta pertolongannya sehingga emosi, tekanan, depresi, dan kekhawatiran yang membelenggu dapat di redam dan pikiran menjadi lebih rileks hingga selanjutnya akan merasa nyaman untuk tidur.

Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah apabila beranjak ke tempat tidurnya, beliau bermunajat dan berdoa. “Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku lindungkan punggungku kepada-Mu, aku arahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, tiada perlindungan dan keselamatan dari-Mu kecuali (berlindung) kepada-Mu. Aku beriman dengan kitab-Mu yang Engkau turunkan dan Nabi-Mu yang Engkau utus,”

Ketenangan diri hanya di dapat dengan berdzikir kepada Allah. Allah  berfirman, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (Ar Ra’d : 28)

Itulah tadi beberapa tips mengatasi insomnia menurut pandangan Islam. Semoga bermanfaat.

Sumber: sajadah.co

Leave a Reply