Pentingnya Memahami Sejarah Dakwah

Artikel

Pentingnya Memahami Sejarah Dakwah

Mempelajarai dan memahami sejarah dakwah Islam, khususnya sejarah dakwah dan umumnya sejarah Islam, bagi seseorang yang memiliki komitmen terhadap Islam adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar lagi karena beberapa alasan berikut :

sejarah dakwah

  1. Pengetahuan tentang sejarah akan meluaskan pandangan dan membuka persoalan umat manusia, mengerti tentang sikap dan watak pelaku sejarah, serta bangkit dan hancurnya sebuah bangsa dan negara. Seseorang yang mengerti sejarah, akan mengerti bagaimana sunnatullah berjalan di alam ini. Seseorang yang mengerti sejarah, akan melihat pasang dan surutnya sebuah bangsa, bagaimana ia bangkit kemudian hancur, bagaimana para pemimpin meraih kesuksesan dan mengapa pula mereka gagal, bagaimana sebuah bangsa tidur nyenyak kemudian tiba-tiba bangkit, dan bagaimana perjalanan dakwah Islam gemilang kemudian hancur.
  2. Sesungguhnya sejarah adalah saksi jujur terhadap apa-apa yang diserukan agama dan nilai-nilai. Dia adalah cermin lebar yang menampakkan dengan jelas akibat keimanan dan ketakwaan serta akhir dari kekufuran dan kefujuran. Para dai membutuhkan bukti-bukti sejarah, sikap para rijal al-dakwah (tokoh) dan bukan tokoh untuk menguatkan apa yang dia sampaikan kepada pikiran mad’u sebab peristiwa sejarah akan sulit terlupakan (Mustafa, 2001 : 123)
  3. Peristiwa sejarah masa lalu membantu memudahkan untuk memahami masa kini, khususnya jika kondisi dan faktor pendorongnya sama. Inilah yang dikatakan orang-orang terdahulu atau apa yang dikatakan orang Barat, history repeats it’s self (sejarah mengulang dirinya sendiri). Al Quran mengisyaratkan pada makna ini bahwa adanya suatu sikap dan perlakuan atau persamaan perkataan ketika ada suatu motivasi yang sama.
  4. Sisi sejarah mempunyai hubungan yang erat dengan profesi dan problemanya, yakni sisi rasionalitas dan pemikiran dalam sejarah, seperti sejarah agama-agama, bagaimana agama-agama tumbuh dan berkembang, siapa tokoh-tokohnya, peristiwa yang memiliki pengaruh dalam perjalanan agama, dan bagaimana akhirnya agama itu terbentuk. Demikian juga dalam masalah sejarah sekte, mazhab, dan atau kelompok dalam agama tertentu, sejarah pemikiran dan filsafat, sejarah peradaban dunia khususnya masalah kultur yang ada di dalamnya.

Leave a Reply