Nikmat Sehat dalam Gerakan Shalat

Artikel

Nikmat Sehat dalam Gerakan Shalat

gerakan shalat

Shalat lima waktu merupakan suatu kewajiban dalam agama Islam, dan salah satu ibadah yang paling pertama dihisab di akhirat nanti. Shalat juga merupakan salah satu ibadah mahdhah, yakni ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah tanpa perantara. Dalam shalat terdapat beberapa gerakan dimulai dari takbiratul ihram sampai diakhiri dengan salam. Gerakan-gerakan tersebut dalam ilmu medis ternyata mengandung manfaat yang luar biasa, apalagi gerakan-gerakan tersebut selalu diulang lima kali dalam sehari oleh umat Islam.

Betapa besar manfaat kesehatan yang diberikan dari gerakan shalat yang akan berdampak baik bagi kesehatan fisik, mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional seorang muslim. Beberapa manfaat gerakan shalat bagi kesehatan manusia antara lain :

  • Takbiratul Ihram

Badan berdiri tegak, kemudian mengangkat kedua tangan sejajar telinga atau dada, lalu melipatnya di bagian depan perut atau dada bagian bawah.

Gerakan ini mencarkan aliran darah, getah bening, dan kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

  • Rukuk

Posisi rukuk yang baik terlihat dari tulang belakang yang lurus, dan kepala lurus dengan tulang belakang.

Posisi rukuk menjaga fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Tangan yang bertumpu pada lutut merelaksasi otot-otot bahu hingga bawah.

  • Iā€™tidal

Bangun dari rukuk, tubuh kembali dan mengangkat kedua tangan setinggi telinga.

Gerakan berdiri setelah rukuk ini merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ pencernaan di perut mengalami pemijatan.

  • Sujud

Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Aliran getah bening dipompa ke bagian leher. Membantu darah kaya oksigen mengalir menuju otak. Dapat menghindarkan diri dari penyakit wasir bagi pria, dan bermanfaat bagi kesuburan serta kesehatan organ kewanitaan bagi wanita.

  • Duduk

Tahiyyat awal, bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadus. Menghilangkan gejala pengapuran sendi pada lutut.

Tahiyyat akhir, bagian tumit menekan uretra, kelenjar kelamin, dan vas deferens. Postur ini dapat mencegah gejala impotensi pada pria.

  • Salam

Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

Relaksasi otot sekitar leher dan kepala yang melancarkan aliran darah ke kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kulit wajah agar tetap kencang.

Dengan melakukan ibadah shalat yang disertai gerakan-gerakan tersebut di atas, dapat membuat iman kita menjadi kuat dan badan kita menjadi sehat, dengan kata lain kita melakukan gerakan-gerakan shalat saja secara tidak langsung kita sudah berolahraga dan menjaga tubuh kita agar selalu sehat.

Leave a Reply