Hikmah Berqurban

Artikel

Hikmah Berqurban

berqurban

Qurban merupakan salah satu bentuk peribadatan yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Islam sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Keharusan seorang muslim untuk berqurban dengan menyembelih hewan qurban merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya sebagaimana dalam firman Allah Swt. yang artinya,

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka Laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS Al Kausar : 1-2)

Namun, kadang kala kita sebagai makhluk-Nya tidak mengetahui dan menyadari akan nikmat dan hikmah tersebut. Bahkan cenderung menganggapnya sebagai beban yang memberatkan, terlebih pada perintah ibadah yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan harta seperti halnya ibadah qurban.

Padahal begitu besar keutamaan dan hikmah dibalik ibadah qurban. Adapun diantara hikmah berqurban adalah sebagai berikut :

  1. Bukit cinta sejati kepada Allah sebagaimana Nabi Ibrahim sekelurga berqurban, “Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata: ‘Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!’ Dia (Isma’il) menjawab, ‘Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Alah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar”. Maka, ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipisnya, (untuk melaksanakan perintah Allah). Lalu Kami panggil dia, ‘Wahai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikian lah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, ‘Selamat sejahtera bagi Ibrahim.’ Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS As Saffat : 102 – 110)
  2. Bukti nyata rasa syukur, “Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak ……” (QS  Al-Hajj : 34)
  3. Bukti sebagai hamba bertaqwa, “Daging (hewan qurban) dan darahnya itu sekali-sekali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. (QS  Al-Hajj : 37)
  4. Berhak beribadah kepada Allah, “Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berqurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!” (HR Ahmad)
  5. Meraih ampunan dosa, ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan…” (HR Abu Daud dan At-Tirmizi)
  6. Pahala besar, “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)
  7. Hewan qurban bersaksi, “Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dengannya” (HR At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim)
  8. Karena ia bersyukur atas nikmat Allah maka Allah akan menambahkan lagi nikmat-nikmat yang banyak untuknya, “Dan (ingtalah) ketika Tuhanmu memakalumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepdamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS Ibrahim : 7)

Semoga kita dapat melaksanakan qurban pada tahun ini dan meraih hikmah dibalik ibadah qurban. Aamiin.

Baca juga : Masalah-Masalah dalam Wudhu

Leave a Reply