Empat Keutamaan Menjadi Hafiz Al Quran

Artikel

Empat Keutamaan Menjadi Hafiz Al Quran

menjadi hafiz al quran

Menjadi penghafal Al Quran itu menjadi cita-cita bagi setiap muslim yang mencintai Al Quran sepenuh hatinya. Menghafal Al Quran  memang bukanlah hal yang mudah. Bisa jadi, ini seperti suatu hal yang tidak mungkin bagi sebagian orang. Al Quran  memilki jumlah ayat yang sangat banyak. Di tambah dengan adanya banyak kalimat yang mirip atau juga berulang, baik itu dalam surat yang sama maupun dalam surat yang berbeda. Belum lagi  Al Quran juga memiliki hokum-hukum bacaan dan aturan-aturan tempat keluarnya huruf yang wajib untuk digunakan setiap kali membacanya.

Ingatlah, bahwa Al Quran merupakan perkataan dari Zat Yang Maha Tinggi, Yang Maha Suci, dan mulia. Jadi, tentu saja tidak akan mudah dan tidak sembarang manusia yang dapat menjadi penghafalnya. Al Quran adalah kitab yang suci maka penghafalnya pun harus memiliki jiwa dan hati yang bersih. Berikut ini ada beberapa mengapa seorang muslim harus menjadi Hafiz Al Quran.

  1. Hifzhul Quran (Hafal Al Quran) Merupakan Nikmat Rabbani Yang Dari Allah.

Allah membolehkan seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Quran. “Tidak Boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara: menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Quran kemudian dia membacanya sepanjang malam dan siang sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian dia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana di fula diberi sehingga aku dapat berbuat.’” (HR Al Bukhari)

Bahkan, nikmat mampu menghafal Al Quran sama dnegan nikmat kenabian, bedanya dia mendapatkan wahyu.

Siapa yang membaca (hafal) Al Quran maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya.” (HR Al Hakim)

  1. Al Quran Menjanjikan Kebaikan, Berkah Dan Kenikmatan Bagi Penghafalnya

Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Hifzhul Quran Merupakan Ciri Orang Yang Diberi Ilmu

Sebenarnya, (Al Quran) itu adalah ayatayat yang jelas di dalam dada orangorang yang berilmu. Hanya orangorang yang zalim yang mengingkari ayatayat Kami.” (QS. Al Ankabut : 49)

  1. Penghafal Al Quran Adalah Orang Yang Paling Banyak Mendapatkan Pahala Dari Al Quran

Untuk sampai tingkat hafal terus-menerus tanpa ada yang lupa, seseorang memerlukan pengulangan yang banyak, baik ketika sedang maupun selesai menghafal. Begitulah sepanjang hayatnya sampai bertemu Allah Swt., sedangkan pahala yang dijanjikan Allah, sedangkan pahala yang sudah dijanjikan Allah adalah dari setiap hurufnya.

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu hasanah dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Min itu satu huruf. Namun,Alif lam Mim, Lam satu huruf dan min satu huruf.” (HR Tirmidzi)

Baca juga : 3 Tips Mudah Menyenangkan Mengajari Anak Membaca

Leave a Reply